Penemu Bola Lampu

Sabtu, 09 Oktober 2010


siapa yang menemukan bola lampu? atau tepatnya siapa yang PERTAMA KALI menemukan bola lampu?
Nah, mungkin 90% dari anda akan menjawab penemunya adalah Thomas alva edison. Ya, seperti yang tercantum di buku-buku pelajaran sekolah.... :D Namun ternyata BUKAN DIA sob yang pertamaX menemukan bola lampu. Yuk, berikut ulasannya yang gue translate LIVE dari situs empunya... hahaha

Bola lampu sebenarnya telah digunakan 50 TAHUN sebelum dipatenkan edison pada tahun 1879. Sedangkan pada tahun sebelumnya, JOSEPH SWAN telah di beri penghargaan akan paten bola lampu. Namun entah bagaimana muncul seorang yang namanya thomas alfa edison, yang membujuk swan untuk menjadi partnernya. Namun kemudian ia keluar dari perusahaan edison yang kelak akan menjadi GENERAL ELECTRIC.

Namun jangan salah paham dulu sob, edison sebenarnya tidak MENCURI idenya joseph swan. Berikut.... :D
Pada tahun 1883, Kantor hak patent amerika serikat memberi informasi bahwa paten bola lampu milik edison itu invalid atau TIDAK SAH. Bukan berarti edison mencuri idenya joseph swan lalu "menyelip"-nya dan menjadi yang pertamaX mematenkan bola lampu. Sangat banyak contoh kejadian dimana orang-orang berpikir 1 tentang 1 penemuan baru dalam waktu yang hampir bersamaan. Termasuk juga dalam kasus edison dan swan ini.

Thomas alva edison bukanlah tipe orang yang pemalas. Selama hidupnya ia telah mematenkan banyak hal. Totalnya ada 1093 paten gan!! sudah termasuk paten jalur elektrik dan kamera film. Setelah ia meninggal pada tahun 1931, ia telah memperoleh 34 paten dalam bidang telepon, 141 untuk baterai, 150 untuk telegraf, dan yang terbanyak, 389 paten untuk bidang lampu dan kelistrikan. Ia tidak sama seperti Leonardo da vinci yang tidak mewujudkan penemuan yang ia dapat, Itulah mengapa edison sangat terkenal dengan semboyannya "Genius is 1% inspiration and 99% perpiration". Bisa diartikan kepintaran itu hanya 1% sedangkan 99% itu keringat (kerja keras).

0 komentar:

Poskan Komentar